Rabu, 19 Juli 2023

Bangun Ruang Sisi Lengkung (Tabung)




Pengertian Tabung

        TABUNG merupakan bangun ruang sisi lengkung yang alas dan tutupnya berupa lingkaran. Tabung memiliki 3 bidang sisi utama yaitu bidang sisi alas yang disebut alas tabung, bidang lengkung yang disebut dengan selimut tabung dan bidang atas yang disebut tutup tabung. Sisi alas dan sisi atas tabung ini berbentuk lingkaran yang kongruen dan sejajar.Unsur-unsur Tabung




  • Tabung memiliki 3 bidang sisi, yaitu bidang sisi alas yang disebut alas, bidang lengkung yang disebut dengan selimut tabung dan bidang atas yang disebut tutup. Sisi alas dan sisi atas tabung berbentuk lingkaran yang kongruen dan sejajar.
  • Diameter adalah garis lurus yang membelah lingkaran (tutup atau alas) menjadi dua sisi kongruen, tepat pada pusat lingkaran. Diameter lingkaran sering disimbolkan dengan huruf “d”.
  • Jari-jari lingkaran adalah garis lurus yang ditarik dari pusat lingkaran ke titik luar lingkaran. Jari-jari lingkaran adalah setengah dari panjang diameternya dan disimbolkan dengan huruf “r”.
  • Tinggi tabung sering juga disebut sebagai sumbu silinder adalah garis tegak lurus antar bidang lingkaran. Tinggi tabung atau sumbu silinder menghubungkan pusat lingkaran pada sisi alas dan pusat lingkaran pada sisi tutup tabung.

Jaring-jaring Tabung

Jika pada sebuah tabung pada sisi lengkungnya dipotong sedemikian rupa maka akan diperoleh jaring-jaring tabung seperti gambar berikut:




Jaring-jaring tersebut terdiri dari:
- Dua buah lingkaran (alas dan tutup) yang kongruen dengan jari-jari r dan
- Sebuah selimut yang berbentuk persegipanjang dengan ukuran
Panjang = keliling lingkaran alas = 2 π r
Lebar = tinggi tabung = t

Luas Permukaan Tabung

Luas permukaan sebuah tabung dapat diketahui dengan cara memotong secara vertical bidang lengkung (selimut) tabung dan merebahkannya, serta melepas alas dan atap tabung sehingga terlihat jaring-jaring tabung itu sebagaimana terlihat pada gambar berikut:



Jika pada sebuah tabung pada sisi lengkungnya dipotong sedemikian rupa maka akan diperoleh jaring−jaring tabung. Jaring−jaring tersebut terdiri dari dua buah lingkaran ( alas dan tutup) yang kongruen dengan jari−jari r dan sebuah selimut yang berbentuk persegipanjang dengan ukuran

Panjang = keliling lingkaran alas = 2 π r
Lebar = tinggi tabung = t, jadi
Luas selimut tabung = Luas persegipanjang
= p × l
= keliling lingkaran × t tabung
= 2πr × t


Catatan :
Jika tidak ada penjelasan mengenai keadaan tabung, maka tabung yang dimaksud adalah tabung tertutup.
Luas seluruh permukaan tabung sering disebut dengan luas tabung saja

0 komentar:

Posting Komentar